Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Souvenir Unik? Udah lihat Wayang Golek Kampung Sembung Belum?

Souvenir Unik? Udah lihat Wayang Golek Kampung Sembung Belum?

Pak Masri warga RW 06 Desa Sukajaya, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta adalah salah satu perajin wayang golek yang masih eksis di sentra perajin wayang di wilayah tersebut. Ia mampu bertahan di tengah gempuran modernisasi yang kian menyebar. Wayang golek yang terkesan biasa dan jadul, membuat Pak Masri harus memutar otak. Dari keterampilan dan keuletannya, kini ia mampu menciptakan wayang golek karakter yang eksentrik dan bentuk yang unik. Kesan jadul dan biasa kini sirna ketika melihat hasil karyanya.

Dalam pelaksanaan Bhakti Karya Praja di Desa Sukajaya, praja IPDN dikenalkan dengan budaya yang masih terus dilestarikan di Desa Sukajaya. Delapan praja IPDN melihat hasil karya dan proses pembuatan wayang golek yang dikemas dalam bentuk pena,gantungan kunci dan souvenir unik ini. Tentunya karya otentik ini harus terus dilestarikan agar tidak punah.


Keterampilan wayang golek ini sudah dilakoni Pak Masri sejak tahun 1990. Hasil karya Pak Masri ini biasa dijual dengan harga Rp7.000 hingga Rp20.000 tergantung bentuk dan ukuran wayang. Tak hanya di Purwakarta, masyarakat luar Purwakarta juga dapat mendapatkan hasil karya Pak masri ini. Untuk pemesanan dapat menghubungi via Whatsapp ke 0859109756476 atau melalui WebDesaku. 

BKP 138 IPDN XXXI

SUKAJAYA UTAMA

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler